Nawasis (National Water Supply and Sanitation Information System)


NAWASIS atau National Water Supply and Sanitation Information Services merupakan pusat data dan informasi berbasis internet yang sedang dikembangkan untuk memantau perkembangan sektor air minum dan sanitasi di Indonesia. NAWASIS tidak hanya mengevaluasi kinerja sektor AMPL namun juga sebagai kesatuan sistem yang akan memberikan layanan advokasi dan peningkatan kapasitas dalam rangka meningkatkan pembangunan air minum dan sanitasi. NAWASIS tidak dimaksudkan untuk menggantikan berbagai sistem informasi yang telah ada, namun menjadi penghubung berbagai sistem data dan informasi yang telah ada di sektor AMPL. NAWASIS ditujukan menjadi Kebijakan Pengelolaan Data dan Informasi yang akan diadopsi pada RPJMN 2015-2019.

NAWASIS merupakan instrument pendukung dalam memberikan layanan yang meliputi:

Salah satu instrument utama NAWASIS adalah situs nawasis.info yang dapat digunakan oleh pengguna untuk memasukkan dan mengetahui data sektor air minum dan sanitasi. Data tersebut kemudian akan diolah NAWASIS menjadi informasi yang lebih mudah, sehingga dapat dipahami oleh semua pengguna. Dengan NAWASIS sebagai portal maka alur input data tidak akan dilakukan berulang-ulang dan lebih efisien karena adanya kolaborasi data antarprogram tersebut.

Hingga tahun 2013, NAWASIS telah melakukan kolaborasi yang berhasil menyediakan modul untuk perencanaan penetapan alokasi DAK, Decision Support System (DSS), dan modul kinerja sektor nasional, provinsi dan kabupaten/kota.

Saat ini, NAWASIS sudah disosialisasikan ke lebih dari 300 kabupaten/kota, dengan 208 kabupaten/kota diantaranya mulai mengisikan data ke NAWASIS. Secara umum, data dalam NAWASIS dibagi ke dalam data umum, data teknis air minum, dan data teknis sanitasi. Ketiga jenis data ini diperlukan untuk menghitung indeks teknis air minum dan sanitasi yang digunakan untuk menentukan alokasi Dana Alokasi Khusus (DAK) sektor air minum dan sanitasi. Lebih lanjut mengenai NAWASIS klik link www.nawasis.info.